November 27 2018

Ditengah Pro dan Kontra masalah "Program" eSports Udinus Semarang Kami mencoba memberikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana program eSports Di Universitas Dian Nuswantoro ini berjalan.

FAQ

1. Apakah Program eSports Itu merupakan sebuah JURUSAN / PROGRAM STUDI yang baru ?

Jawab : 

Program eSports Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) BUKANLAH sebuah Jurusan eSports / Program Studi. Program eSports UDINUS adalah sebuah PROGRAM PEMBINAAN hasil kerjasama antara UDINUS dan IeSPA Jateng. Setiap Mahasiswa yang mengikuti Program eSports ini akan dibina langsung oleh IeSPA Jateng. 

Program eSports ini masih dalam bentuk Program tambahan seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sehingga mahasiswa UDINUS tetap mengambil jurusan formal (TI, SI, Management dll). 

Untuk mendirikan sebuah jurusan esports tidaklah mudah, karena ada persyaratan - persyaratan yang harus di penuhi. Hal yang paling mendasar adalah adanya Dosen (S2) yang siap mengajar. Sedangkan sekarang di Indonesia belum ada Dosen (S2) yang bisa mengajar eSports.


2. Mengapa di sebut PROGRAM PEMBINAAN bukan UKM eSports ?

Jawab :

Pada prinsipnya UKM adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang di kelola langsung oleh mahasiswa. Berbeda dengan Program eSports karena penangung jawab bukanlah dari mahasiwa tetapi langsung dari IeSPA Jateng. IeSPA Jateng bertanggung jawab tidak hanya membina baik dari sisi skill eSports (game) tetapi juga yang terutama membina masalah karakter, sehingga para pemain eSports UDINUS bisa menjadi TELADAN yang baik bagi para pemain eSports yang lain.


3. Kapan Program ini Ada ?

Jawab :

Program ini ada sejak dimulainya kerjasama antara UDINUS dan IeSPA Jateng pada bulan Maret 2018. Program ini secara efektif memulai pembinaannya pada bulan september 2018 lalu (awal semester ganjil), dengan jumlah mahasiswa angkatan 1 sejumlah 25 mahasiswa. Dari 25 mahasiswa itu ada juga mahasiswi yang mengikuti Program eSports ini dan mahasiswi tersebut mengambil jalur minat Dota 2.


4. Apa Keuntungan Mengikuti Program eSports ini ?

Jawab :

A. Mahasiswa akan mendapat pembinaan karakter.

Pembinaan karakter sangat penting untuk menanamkan karakter seorang juara, seperti disiplin, mau bekerjasama, pantang menyerah, sportif, tekun dan mau bekerja keras dan lain sebagainnya. Tanpa karakter seorang juara seseorang akan sulit menjadi pemain profesional karena jika seseorang tidak menjadi juara dalam mengendalikan dan mengontrol dirinya sendiri dia tidak akan bisa menjadi juara dimanapun.

B. Mahasiswa akan mendapat pembinaan skill permainan

Selain mahasiswa mendapat pembinaan karakter, mahasiswa akan mendapatkan pembinaan dalam skill permainan. Pembinaan ini  bisa berupa pengajaran dikelas seperti perkuliahan tentang dasar - dasar pemainan, strategi dan analisa permainan. Selain mendapat pengajaran dikelas mahasiswa juga akan dibentuk dalam sebuah team dan team tersebut akan didampingi seorang pelatih setiap kali latihan. Jadi pelatih tersebut bisa memberikan masukan - masukan secara langsung untuk dalam hal skill pribadi maupun dalam strategi sebuah team.

C. Mahasiswa akan mendapat kesempatan bertanding secara rutin dan mendapatkan jersey team.

Setiap mahasiswa yang mengikuti program ini akan diikutkan dalam tournament - tournament sesuai dengan jalur yang dia ambil. Turnament - turnament ini tidak hanya turnament tingkat kampus saja, karena Mahasiswa yang mempunyai prestasi lebih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti turnament ke tingkat yang lebih tinggi, baik tingkat kota, propinsi, nasional maupun internasional. dan setiap kali mahasiswa mengikuti turnament mewakili UDINUS maka mahasiswa akan di beri jersey team layaknya team - team profesional pada umumnya.

D. Mahasiswa berkesempatan mendapatkan beasiswa dan uang saku bulanan

Apabila mahasiswa tersebut memenangkan kejuaraan mewakili UDINUS baik tingkat kota, provinsi, nasional maupun tingkat internasional maka mahasiswa tersebut berkesempatan mendapatkan beasiswa berupa potongan uang kuliah atau bebas uang kuliah tergantung tingkat kejuaraan yang di ikuti. selain beasiswa mahasiswa berprestasi tersebut juga akan mendapat kesempatan mendapatkan uang saku bulanan sebagai reward atas prestasi yang sudah didapatnya

E. Mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk bergabung dengan team - team esports nasional maupun internasional

Setiap mahasiswa yang berprestasi di bidang esports pasti akan dilirik oleh team - team esports nasional maupun team internasional. Hal ini dikarenakan setiap team - team besar esports baik nasional maupun internasional selalu mencari komposisi team yang terbaik menurut mereka. dan mereka selalu mencari pemain - pemain esports yang terbaik untuk membantu team mereka bisa menjadi juara, baik ditingkat nasional maupun internasional.


5. Apakah Program eSports ini Khusus untuk mahasiswa UDINUS saja ?

Jawab :

Benar Program eSports ini khusus untuk mahasiswa UDINUS saja, dikarenakan adanya kerjasama antara IeSPA Jateng dan UDINUS.


6. Bagaimana Cara mendaftar Program eSports ini ?

Jawab :

A. Setiap orang yang ingin mengikuti Program eSports UDINUS ini harus menjadi mahasiswa UDINUS terlebih dahulu. Mengenai tata cara bagaimana mendaftar menjadi mahasiswa UDINUS bisa di lihat di web UDINUS.ac.id

B. Mengisi Form Pendaftaran Online : http://esports.dinus.ac.id/pendaftaran

C. Membayar biaya Program eSports sebesar Rp. 1.400.000/Semester dan upload bukti bayar di link :

     https://goo.gl/forms/oLUI7meByaEiL4Ff1

D. Menyerahkan KRS kebagian Kerjasama UDINUS di Gedung H lt.2 

E. Untuk Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Nico ( 085-7317-1111-4 )


7. Kapan pendaftaran Program eSports ini Dibuka ?

Jawab :

Program eSports Angkatan ke 2 akan dibuka bulan Januari 2019 dan Pembinaannya akan di mulai bulan Maret 2019 (Semester Genap)


Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi Nico ( 085-7317-1111-4 )


Recent Updates